Membentuk sebuah keluarga yang sempurna.

Dalam sebuah keluarga, belum lengkap rasanya kalo belum mendapatkan seorang anak. Dan sebuah keluarga begitu bahagianya saat mendengar berita atau keterangan dari dokter bahwa keluarga tersebut akan mendapatkan anak, karena ibu dalam pasangan keluarga tersebut hamil.


Namun terkadang dalam kegembiraan tersebut mulai dari kehamilan sampai proses kelahiran peran seorang bapak atau calon bapak di lupakan, seolah yang berperan dalam masalah kehamilan dan kelahiran itu adalah calon ibu saja. Hal yang paling baik adalah di mana seorang calon ayah turut menyesuaikan diri dengan situasi,kondisis dan perasaan yang ada untuk mempersiapkan diri menjadi seorang ayah.


Menantikan saat-saat kelahiran adalah waktu dimana suami dan istri menjadi lebih dekat dari saat-saat sebelumnya.Suami harus ikut serta mengikuti setiap detik menegangngkan dan menggemberikan pada saat menjelang kelahiran dan setelah kelahiran. Karena masa ini di pandang bukan hanya msa hegemoni seorang wanita saja. Laki-laki juga mungkin ingin memeplajari dan mengetahui proses persalinan dan bagaiman merawat bayi.



Jika bayi anda akan di lahirkan dirumah sakit maka anda harus mempersiapkan segala sesuatunya termasuk tas dengan segala keperluan yang sekiranya di butuhkan di rumah sakit. Ini harus anda siapkan pada wal bulan kesembilan atau lebih awal lebih baik karena terkadang kelahiran bisa maju dari jadwal atau dari perkiraan.


Pada saat-saat seperti ini di butuhkan sikap mental yang positif serta latihan-latihan yang sesuai dan menunjang untuk persalinan, seperti cara-cara pernapasan saat melahirkan, senam dan sikap yang tenang dalm menghadapi persalinan. Lalu apa yang harus di lakukan suami pada saat istri sedang melakukan persalinan, jika pihak rumah sakit memperbolehklan suami untuk melihat proses persalinan maka duduklah di sebelh dan bantulah sang istri untuk tenang, sabar dan selalu berdoa. Karena sebetulnya kehadiran anda di samping istri anda yang akan melahirkan itu merupakan sebuah kekuatan psikologis bagi istri anda.

Creator: Dina Amalia Nasution